cek resi standard express

Cek Resi Standard Express

Bagi Anda yang baru-baru ini membeli barang dari luar negeri melalui Shopee (via Standard Express), mungkin akan kebingungan ya saat melacak kiriman tersebut, karena cara cek resi Standard Express memang sedikit rumit.

Sampai artikel ini dibuat, saya belum menemukan situs yang benar-benar bisa digunakan untuk mengecek resi Standard Express kecuali situs Bea Cukai (kalau sudah ada situs lain, akan saya update).

Update terbaru: Saat ini sudah ada situs dari Indonesia yang bisa digunakan untuk cek Resi Standard Express dengan cepat dan mudah, nanti akan saya sertakan sekalian.

Proses Pengiriman Paket

Sebelum menuju ke cara cek resi Standard Express, tidak ada salahnya kalau kita mengetahui bersama-sama bagaimana sih tahapan atau alur proses pengiriman oleh Standard Express.

Jadi, setelah Anda melakukan pembayaran, pihak penjual akan menerima pesanan baru. Dengan begitu, maka penjual akan segera mengemas barang Anda untuk dikirimkan ke Indonesia.

Tidak lama dari proses pembelian, Anda juga akan mendapatkan nomor resi yang bisa ditemukan pada info barang di aplikasi Shopee. Anda bisa menggunakan resi tersebut untuk melacak kiriman.

Sayangnya, nomor resi tersebut tidak bisa langsung digunakan. Banyak pembeli yang menanyakan terkait hal ini karena ketika cek resi hanya mendapati info Data tidak ditemukan.

Memang benar, resi tersebut tidak bisa langsung dicek. Anda harus menunggu beberapa hari (3-5) hingga barang sampai di Indonesia. Setelah itu, Anda baru bisa mengecek resi tersebut.

Cek Resi Standard Express

Standard Express adalah layanan pengiriman barang dari luar negeri dan sudah banyak digunakan di Indonesia, salah satunya adalah marketplace Shopee (bagi pengguna Shopee pasti sudah tidak asing).

Shopee sendiri awalnya hanya menjual produk lokal saja. Akan tetapi, karena perkembangan pasar online yang sangat pesat, Shopee mulai menjangkau pasar internasional seperti China dan Korea.

Saat ini, ada 2 cara (yang saya ketahui) untuk mengecek resi Standard Express Shopee dari China. Hasil dari kedua situs tersebut sama saja, jadi Anda bebas mau pilih cara yang mana.

Website Bea Cukai

Perlu Anda ketahui, Bea Cukai adalah website pertama yang bisa digunakan untuk cek resi Standard Express China (sebelum ada website-website lainnya).

Cara menggunakannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan nomor resi dari Shopee saja, berikut adalah penjelasannya:

  1. Pertama, silahkan kunjungi website Bea Cukai.
  2. Setelah itu, masukkan nomor resi dan isi kode captcha lalu klik Submit.cek resi standard express shopee
  3. Jika sudah, klik See Details untuk menampilkan detail pengiriman barang dari Standard Express.cek resi standard express china
  4. Sampai disini Anda sudah bisa mengetahui keberadaan paket beserta proses bea cukai.cek resi standard express indonesia
  5. Selesai.

Jika statusnya sudah 408 (Barang Keluar dari Gudang), itu berarti kiriman Anda sudah sampai di Indonesia, tinggal menunggu jemputan dari kurir lokal.

Langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menunggu barang dikirim oleh kurir lokal seperti J&T ataupun JNE. Untuk mengetahui jasa yang mengirim paket Anda, silahkan cek di halaman pesanan Shopee.

Website Cek Resi

Cek Resi merupakan website lokal yang menyediakan fitur cek resi berbagai ekspedisi, salah satunya Standard Express. Informasi yang ditampilkan website ini sama dengan website Bea Cukai.

Selain untuk cek resi Standard Express, website ini juga bisa digunakan untuk cek resi LWE (Logistics Worldwide Express). Jadi, jika Anda menggunakan LWE saat belanja di Shopee, bisa juga menggunakan cara ini.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silahkan kunjungi website Cek Resi.
  2. Setelah itu, masukkan nomor resi Anda lalu klik Cek Resi, selanjutnya silahkan verifikasi captcha.
  3. Jika sudah, maka akan langsung muncul detail barang Anda.cek resi standard express shopee china
  4. Selesai.

Statusnya sama persis ya dengan website Bea Cukai, jadi kalau masih bingung silahkan simak pada pembahasan cek resi Standard Express dengan website Bea Cukai di atas.

Nah, itulah cara cek resi Standard Express menggunakan website Bea Cukai dan Cek Resi. Bagaimana, sangat mudah, bukan?

Info Penting untuk Anda

Sepertinya, sebagian besar orang memang tidak sabar ketika menanti paket yang mereka beli, terlebih paket yang berasal dari luar negeri. Tak jarang, banyak juga yang panik karena takut barang tidak sampai.

Memang wajar sih, karena saya pribadi juga sempat seperti itu. Tapi pada intinya, Anda tidak perlu khawatir, karena Standard Express sendiri merupakan layanan yang sudah terpercaya.

Jadi, ketika membeli barang dari luar negeri, Anda memang dituntut untuk sedikit sabar. Prosesnya memang sangat tidak pasti, ada yang cepat dan ada yang lama juga (berdasarkan pengalaman dari teman-teman).

Jika ada yang masih bingung, bisa ditanyakan melalui kolom komentar, akan saya jawab sebisa saya karena pengalaman saya dalam pengiriman barang dari Shopee (China) juga masih minim. 😀

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

    Temukan saya di:

91 Komentar untuk Cek Resi Standard Express

  1. Salam..saya dari pinrang barang saya udah sebulan gak sampai sampai..ya
    Mohon solusinya..
    Resi saya
    ID193776517012Z

    1. Itu statusnya sudah 408 ya.
      Sepertinya barang sudah ada di Indonesia, tinggal menunggu pengiriman dari kurir lokal.
      Silahkan cek di detail pesanan akun Shopee apakah sudah ada resi dari kurir lokal atau belum.
      * salah satu syarat wajib beli barang dari luar negeri adalah Sabar 😀

  2. Makasih gan, punya saya statusnya udah 408 dan udah diambil kurir lokal.
    Punya saya udah muncul nih resinya kurir lokal, tapi kok nggak bisa dicek ya?

    1. Ya, emang gitu gan.
      Resi yang udah muncul kadang emang belum bisa dicek, harus nunggu beberapa hari atau bahkan bisa sampai 1 minggu lebih gan.

  3. Permisi bang, saya udah coba cek websitenya tapi data ditemukan itu kenapa ya? Ini no resi saya ID2051397991260

    1. Iya, benar, saya cek juga data tidak ditemukan.
      Kemungkinan barangnya belum ada di Bea Cukai, jadi saat dicek tidak ditemukan.
      Kalau boleh tahu, itu sudah berapa lama prosesnya dari awal pembelian?

  4. Paketan saya ko dicek resi sdh diterima… Pdhl blm smpe skali smpe… Ini no resinya kak…ID208680053965C

    1. Itu masih ada proses lagi kak yaitu pengiriman oleh kurir lokal.
      Silahkan dicek di halaman web pemesanan Shopee apakah sudah ada resi ekspedisi lokal atau belum.

    1. 2020-01-18 18:22:10.0 403 PERSETUJUAN KELUAR DENGAN PEMBEBASAN BEA MASUK DAN PAJAK

      Yang saya tahu, barang keluar dari gudang kalau sudah 408 kak kodenya, sedangkan itu masih 403.
      Mohon dikoreksi kalau salah, soalnya berdasarkan pengalaman saya hasil akhir cek resi memang 408.

  5. Gan Paket saya nyangkut di kode 403 (Persetujuan keluar dengan pembebasan bea masuk dan pajak) sudah lama bahkan di tanggal 14 Januari 2020 sekarang udah 21 Januari 2020.. Emng butuh waktu brpa lama ya gan?
    Jika sudah kode 403 resi udah ada?
    Alasan lama apa ya gan?

    1. Berdasarkan pengalaman saya, proses sudah selesai kalau kodenya 408, setelah itu baru diambil sama kurir lokal.
      Untuk alasan proses lama, saya juga kurang tahu gan.
      Intinya, agan harus sabar ketika membeli barang dari luar negeri. Kalau ditunggu-tunggu, malah bikin pusing dan capek sendiri.

        1. Kalau 2 bulan kurang tahu ya, tapi kalau sampai 1 bulan lebih banyak kok.
          Intinya, beli barang dari luar negeri itu emang harus sabar banget. Kalau ditunggu-tunggu malah pusing mikirnya.

  6. kak dengan resi ID1962317032791
    sudah keluar dari gudang dari tanggal 1 -1-2020 sampai sekarang belum sampai paketnya . kira kira ada saran gak? tetapi di aplikasi shopeenya masih “parcel is in-transit from chna to indonesia”?
    ada saran tidak?

    1. Yang saya tahu, Parcel is in Transit from China to Indonesia itu berarti barangnya sudah sampai di Indonesia, tapi masih diproses di Bea Cukai.
      Untuk saran dari saya mungkin “cukup sabar” saja ya, soalnya lamanya belanja dari China itu emang beda-beda, ada yang lumayan cepet dan ada yang lama banget.

  7. Hallo gan, saya beli barang dr luar negri tapi resinya kok malah muncul, data tdk di temuakn. knp gan? Tolong bantu dicek ya gan, resi : ID204609731300H

    Tapi di aplikasi shopee ada tulisan “paket anda telah dikirim dari pusat sortir luar negeri” kira² artinya apa ya gan?

    Saya pesan tgl 18-01-20. Kalo pengirimannya kurang tau di app shopee ada juga tulisan gini “paket anda telah diterima dipusat sortir luar negeri” tulisannya muncul tgl 20-01-20

    1. Itu berarti barangnya belum sampai di Indonesia.
      Nanti kalau udah sampai di Indonesia baru bisa dicek, silahkan tunggu 2-3 hari, nanti dicek ulang.

    2. Hallo gan, saya beli barang dari luar negeri dari 2 minggu yang lalu, pelacakan di aplikasi shopee “parcel is in-transit from china to indonesia”,
      Tapi pas resinya di lacak malah muncul “data tidak ditemukan”,
      Resi ID204321505965N
      Kok bisa gitu yaah ?

      1. Sudah banyak kasus Parcel is in Transit from China to Indonesia.
        Yang saya tahu, barang tersebut memang sudah sampai di Indonesia, tapi masih diproses di Bea Cukai, jadi resi masih belum bisa dicek.
        Semoga bisa mencerahkan.

  8. Hallo kak, saya beli barang dr china lewat shoope kok tidak muncul resinya? Cuma tulisan Standard express – LWE
    Waktu pembayaran tgl 9-01-2020, dikirim tgl 15-01-2020
    Dan sampai sekarang tidak ada tanda² nomor resi untuk mengecek sampai dimana tibanya paket saya kak, ada solusi kah? Terimakasih

  9. Min bisa tolong cek no resi ID195895281222J saya belanja dari luar negri di aplikasi shopee di diperkirakan nympe sampai tgl 5-01-2020 tapi sampai sekarang statusnya masih paket anda telah di kirim dari pusat sortir luar negri dan masa garansi shoppe sudah habis, tapi smpai sekrang barangnya ngga nyampe nyampe

    1. Kalau saya cek resi tersebut, keterangannya sudah 408 BARANG KELUAR DARI GUDANG, yang artinya barang tinggal menunggu jemputan dari kurir lokal.
      Nah, apakah sudah dapat no resi dari kurir lokal di Shopee?

        1. Coba kontak customer service Shopee saja dan tanyakan seputar resi dari kurir lokal kenapa belum muncul, padahal sudah cukup lama juga itu.
          Dengan kontak CS, semoga bisa lebih cepat dapat jalan keluar.

  10. ID209175889555B
    Itu resi saya
    Paket saya dari tanggal 23-01-2020, sampai sekarang masih berstatus
    Paket anda telah dikirim dari pusat sortir luar negeri… Kok lama y kak?

    1. Tanggal 23 itu pesanan dibuat?
      Sebenarnya nggak lama kak, emang prosesnya seperti itu.
      Kalau dari pesanan dibuat sampai resi bisa dicek di Bea Cukai, biasanya butuh waktu 5 harian kak, coba cek beberapa hari lagi.

    1. Kalau boleh tahu, pembelian barang tanggal berapa ya?
      Biasanya, resi tidak ditemukan karena barang sedang diproses, biasanya butuh waktu 5-7 hari setelah pembelian baru bisa dicek.

    1. Kalau sejak pesanan dibuat, kira-kira sekitar 4-5 hari kak, itu udah transit di Indonesia.
      Tapi kalau untuk lamanya barang sampai ke alamat pembeli, itu bermacam-macam, ada yang cuma 2 minggu, 1 bulan, bahkan ada yang 1 bulan lebih juga.

  11. Paket saya dari tanggal 24 masih berstatus transit in china-indonesia, kenapa lama banget transitnya gan
    Ini resi saya, bantuk cek gan ID203094399722U

    1. Sebenarnya bukan lama sih, tapi emang prosesnya seperti itu.
      Tanggal 24-sekarang belum termasuk lama kok, masih ada yang lebih lama lagi.
      Intinya, kalau beli barang dari luar negeri, banyakin sabar kak, kalau terlalu dipikirin malah jadi beban.

  12. ID203981811802H bang tolong cek resi sya dri hari senin sya byr kok smpai skrang msh proses pengemasan tpi no resi udh ada
    Mohon infonya bang

  13. Bang mau tanya kalo premium express sama standard express itu sama gak si? coba tolong di cek bang ID201898725494L

    1. Belum itu, masih di Bea Cukai.
      Nanti dicek lagi, kalau keterangannya sudah 408, baru nanti diambil oleh kurir lokal untuk dikirim ke alamat Anda.

        1. Sudah bisa kok kak.
          Ini status terakhirnya:
          2020-02-19 11:42:56.0 401 PENETAPAN SPPBMCP (PEMBAYARAN DAN PERSETUJUAN KELUAR), PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PJT

  14. ID202815767507V kak ini kenapa ya ngk bisa dicekk ??? Biasanya 7 hari udah di Indo. Tapi ditracking sophee masih diterima dipusat sorting gtu apa gitu ya

  15. ID209403306060Q Haii bisa tolong cek resi ini? Karna sudah dr tanggal 4 feb pesannya tapi barang masih di kemas pas di cek resinya data tidak di temukan

    Itu dr penjualnya ud dikirim atau belum ya kalo status pengemasan tapi nores ud keluar?

    1. Sepengetahuan saya, resi baru dicek kalau barang sudah sampai di Indonesia.
      Jadi, kalau barang masih dikemas ataupun belum sampai di Indonesia, pasti muncul keterangan “data tidak ditemukan” ketika cek resi.

  16. Hi Charis,

    Saya ada 2 resi ni, gimana ya keduanya adalah barang dari Cina (baju)
    5 Feb : ID206056511609O
    7 Feb : ID209066554916Y
    nasibnya sama, data tidak ditemukan, cuma saya agak resah ni, apakah bener2 dikirim tapi delay krn kemarin sempat libur CNY apa ngga dikirim gitu. Terima kasih sebelumnya untuk bantuan pencerahannya.

    1. Kalau saya pribadi belum mengalami kejadian seperti itu kak.
      Tapi kalau hasil dari baca-baca, ada juga kejadian seperti itu, delay sampai beberapa hari.
      Terkait libur CNY, mungkin bisa saja itu penyebabnya.

  17. Saya mau tanya, knpa pesanan saya sdah 21 hari belum jga dkirimkan, masih status pengemasan. Saya adah berapa kali cek resinya tapi tdk bisa d cek.
    ID207067543549M tolong cekkan kak

    1. Akhir-akhir ini kok banyak yang mengalami hal seperti itu ya.
      Jujur, untuk saya sendiri belum pernah mengalaminya.
      Jadi, daripada salah jawab, mending langsung tanyakan ke CS Shopee saja.

  18. Kak tolong cek resi saya 0111752000233041 udh 17 hari status ga berubah shipment not received in shenzen. Itu maksudnya gmn ya tp dr seller keterangannya sudah dikirim.

    1. Sekarang udah berubah kak statusnya.

      2020-02-21 15:57:44.0 405 SPPBMCP TELAH DILUNASI, PENERIMA BARANG SILAHKAN KONFIRMASI KE PENYELENGGARA POS/PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN

      Saya pribadi belum pernah menemui status di atas, mungkin teman-teman lain bisa memberikan penjelasan terkait kode di atas?

      1. Resi udah muncul dari tanggal 24 kak, tapi sampe sekarang status nya masih transit dari China ke Indonesia ☹️

        1. Yang saya tahu, barang tersebut memang sudah sampai di Indonesia, tapi masih diproses di Bea Cukai, jadi resi masih belum bisa dicek.

  19. gan untuk paket bisa diketahui asalnya dari cina gimana soalnya kan ini masih banyak kasus soal maraknya virus?apakah barang dari sana bisa dibilang aman atau gimana minta pencerahannya

    1. Masih belum bisa dicek, coba ulangi beberapa lagi.
      Mungkin pembelian baru dilakukan beberapa hari yang lalu, apakah benar?

  20. Bang. Udah aq cek berkali kali gak bisa ID203903213219P ini resinya bang pengiriman nya lama bgt, aq cek shopee sttusnya msih “paket anda telah dikirim dari pusat sortir luar negeri”

    1. Untuk saat ini, sepertinya memang lagi ada suatu kendala.
      Bisa jadi menyangkut masalah yang saat ini sedang ramai diperbincangkan.

    1. Nggak pasti sih, kadang lama kadang cepat.
      Dari tgl 5 berarti masih terbilang sebentar, coba cek beberapa hari lagi.

  21. Kak mohon bantuannya, resi ID202536317214H, pengiriman tanggal 2 maret, sampe sekarang cek di bea cukai hasilnya *data tidak di temukan*

    1. Untuk saat ini sepertinya memang sedikit lambat. Mungkin karena adanya masalah yang sedang ramai kita ketahui bersama.

Comments are closed.