cara cek resi jne

Cara Cek Resi JNE

Mengecek barang JNE memang harus selalu dilakukan untuk mengetahui posisi kiriman tersebut, salah satu caranya adalah dengan cek resi. Nah, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara cek resi JNE?

Untuk mengecek resi JNE resmi, kita bisa memilih berbagai macam cara, baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Pokoknya, Anda dibebaskan memilih cara yang menurut Anda paling efektif.

Dengan adanya fitur lacak paket JNE ini, sebagai pembeli, kita sudah pasti merasa terbantu. Rasa khawatir akan barang tidak dikirim sudah pasti tidak ada lagi karena pihak ekspedisi sudah memberikan barang bukti.

Cara Mengecek Barang JNE dengan Resi

Saat ini, JNE menjadi salah satu jasa ekspedisi pengiriman barang yang populer di Indonesia. Bukan tanpa alasan, selain karena sudah terkenal, pelayanannya juga cukup memuaskan.

Salah satu bukti pelayanan tersebut adalah adanya resi yang bisa digunakan untuk tracking JNE. Ehh, tunggu dulu… Sebelumnya, Anda harus tahu terlebih dahulu istilah-istilah yang sering muncul pada resi, simak penjelasannya berikut ini:

ManifestedPaket sudah diterima JNE, tinggal menunggu pengiriman.
On TransitBarang sedang transit di kota lain, akan diikutkan jadwal pengiriman ke kota Anda.
On ProcessPaket sedang dalam proses pengiriman.
Received on DestinationPaket sudah diterima pihak JNE kota Anda, tapi belum dikirimkan ke alamat Anda.
DeliveredPaket sudah diterima (bisa Anda atau orang lain, biasanya tertera nama penerimanya).
AU (antar ulang)Barang sudah dibawa kurir, tapi dilakukan pengiriman ulang karena belum sempat diantar pada hari sebelumnya.

Nah, setelah Anda mengetahui istilah-istilah di atas, paling tidak Anda sudah paham ketika melakukan tracking resi JNE. Adapun cara yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:

Website Online

Ini adalah cara yang paling umum untuk mengecek resi JNE. Anda bisa menggunakan Android maupun komputer untuk melakukannya, syarat utamanya hanyalah koneksi internet.

Oh ya, dalam langkah ini, Anda bebas menggunakan browser apa saja, mau Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera Mini, ataupun browser lainnya, bebas.

Nah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silahkan kunjungi website Cek Resi JNE.
  2. Setelah itu, masukkan nomor resi > isi captcha > klik Search.
    cek resi jne
  3. Setelah itu, klik No. AWB (yang saya beri tanda kotak) dan tunggu beberapa detik, nanti tracking details akan muncul seperti gambar di bawah ini.
    cek resi jne resmi
  4. Selesai.

Sekadar info, Anda bisa mengecek resi JNE express sampai 20 sekaligus. Tentu ini sangat efektif karena Anda tidak perlu melakukan pengecekan satu per satu.

Ingin mengirim paket menggunakan JNE? Alangkah baiknya Anda ketahui terlebih dahulu jam kerja JNE baik dari kantor cabang ataupun unitnya.

Aplikasi MyJNE

Bagi yang lebih tertarik menggunakan aplikasi, maka Anda bisa mengecek resi menggunakan MyJNE. Sebenarnya ada aplikasi lain yang bisa digunakan, tapi saya pribadi lebih suka pakai MyJNE.

Berikut adalah cara cek resi JNE dengan aplikasi:

  1. Pertama, silahkan Anda unduh dan install aplikasi MyJNE.
  2. Setelah itu, buka aplikasinya > tekan pada kolom AWB > masukkan resi JNE Anda.
    cek resi jne express
  3. Selesai.

Selain cek resi, aplikasi ini juga memiliki fitur menarik lainnya seperti Check Tarif, My Job, My Shipment, dan JNE Nearby. Untuk menggunakannya, Anda harus login terlebih dahulu.

Oh ya, selain menggunakan nomor AWB, Anda juga bisa menggunakan barcode yang tertera pada resi JNE. Ini akan lebih praktis karena Anda tidak perlu copy paste nomor resi.

Tanya Langsung

Cara lain yang bisa digunakan untuk cek resi JNE adalah dengan bertanya langsung ke kantor. Ini sangat cocok bagi Anda yang rumahnya dekat dengan kantor JNE.

Cek kiriman JNE langsung ke kantor juga memiliki keuntungan tersendiri, apabila kiriman sudah sampai, maka Anda bisa langsung membawanya pulang.

Untuk caranya sebenarnya sangat mudah, berikut ringkasannya:

  1. Datang ke kantor JNE terdekat.
  2. Bilang pada petugas, mau cek kiriman.
  3. Berikan resi pada petugas agar dilakukan pengecekan.
  4. Petugas akan memberikan informasi terkait kiriman Anda.
  5. Selesai.

Kekurangan cara terakhir ini adalah Anda harus bolak-balik (jika paket belum datang) ke kantor JNE. Iya kalau jaraknya dekat, kalau jauh? 😀

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk cek resi JNE, baik itu OKE, REG, maupun YES. Silahkan pilih cara yang dianggap paling mudah dan paling efektif.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Featured Image Credit:
Icon dibuat oleh Smashicons dari www.flaticon.com
Dimodifikasi oleh penulis.

Sekadar bocah dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *