cara mengatasi virtualbox tidak bisa dibuka

VirtualBox Tidak Bisa Dibuka

VirtualBox merupakan sebuah aplikasi virtual yang sering digunakan untuk menginstall sistem operasi. Dengan aplikasi ini, kita bebas menginstall sistem operasi apa saja mulai dari Windows, Linux, Debian, dan lain sebagainya.

Sejak dirilis, software ini tidak pernah mengalami masalah saat proses instalasi maupun ketika dijalankan, khususnya pada Windows 7. Namun, ketika muncul update Windows 10 Creators Update, VirtualBox jadi tidak bisa dibuka, tidak ada respon sama sekali.

Pada awal muncul Windows 10, VirtualBox juga masih bisa dijalankan dengan normal. Namun seiring berjalannya waktu sampai Windows 10 Creators Update, aplikasi ini sudah tidak bisa dijalankan, kemungkinan besar karena sudah tidak compatible.

Cara Mengatasi VirtualBox Tidak Berjalan

Jika kita amati lagi, mungkin masalah ini bisa dikatakan wajar. Ketika versi VirtualBox yang kita gunakan masih versi lama, sedangkan Windows 10 setiap hari melakukan update, maka masalah kompabilitas akan muncul.

Untuk itu, developer VirtualBox sendiri sudah melakukan perbaikan yaitu dengan mengupdate versi VirtualBox terbaru agar bisa dibuka dan berjalan pada Windows 10. Bagi Anda yang mengalami VirtualBox tidak bisa dibuka, silahkan ikuti langkah ini.

  1. Pertama, silahkan kunjungi website resmi VirtualBox di virtualbox.org
  2. Setelah itu, unduh versi VirtualBox terbaru (versi terbaru saat ini adalah 6.0.12).
  3. Jika sudah, langsung install aplikasi tersebut di Windows 10 Anda.
  4. Setelah proses instalasi selesai, silahkan buka VirtualBoxnya.
  5. Yes, berhasil kan?

Jadi, penyebab utama VirtualBox tidak bisa dibuka pada Windows 10 adalah masalah kompabilitas. Untuk mengatasinya, kita hanya perlu menginstall update terbaru agar VirtualBox kembali compatible dengan Windows 10.

Mungkin ada yang bertanya “Apakah machine yang telah diinstall akan hilang?” Jawabannya adalah tidak. Sistem operasi virtual yang sudah Anda install aman saja dan bisa digunakan seperti biasanya.

Itulah cara mengatasi VirtualBox tidak bisa dibuka di Windows 10. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *