Cara Flash Samsung Galaxy M30 SM-M305F

Samsung kembali meramaikan pasar smartphone kelas menengah di Indonesia dengan mengeluarkan Samsung Galaxy M30 SM-M305F sebagai penerus dari Samsung Galaxy M10 dan Samsung Galaxy M20 yang sudah lebih dulu dijual.

Samsung Galaxy M30 mengalami beberapa peningkatan spesifikasi, peningkatan yang paling mencolok ada pada sektor kamera yang kini dibekali dengan triple camera, dengan lensa kamera utama beresolusi 13 MP, sedangkan kamera depan memiliki resolusi 16 MP.

Untuk urusan support, Samsung juga memberikan sebuah panduan bagi pengguna yang mengalami masalah software, khususnya bootloop. Jika Anda sedang mengalami masalah tersebut, tenang saja, saya akan memberikan cara flash Samsung Galaxy M30 SM-M305F.

Bahan Flash Samsung Galaxy M30 SM-M305F

Sebelum masuk ke cara flash HP Samsung Galaxy M Series ini, Anda harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti:

Setelah Anda mempersiapkan semuanya, kini Anda sudah bisa untuk melanjutkan proses melakukan flashing HP. Jika Anda baru pertama kali melakukannya, sebaiknya simak semua artikel ini hingga selesai.

Perhatian: Jika salah satu link di atas mengalami error, silahkan informasikan melalui kolom komentar agar segera saya perbaiki.

Cara Flashing Samsung Galaxy M30 SM-M305F

Sekedar informasi, bahwa cara flash Samsung Galaxy M30 SM-M305F sebenarnya tidak jauh berbeda dengan flashing HP Samsung lain. Meski begitu Anda tetap harus memperhatikan setiap langkahnya dengan baik agar tidak terjadi kesalahan.

Berikut langkah-langkah lengkapnya:

  1. Pertama, install Samsung USB Driver di laptop atau PC Anda.
  2. Setelah itu, ekstrak file firmware Samsung Galaxy M30 SM-M305F yang sudah Anda download sebelumnya.
  3. Pada HP Anda, masuk ke download mode dengan cara mematikan HP terlebih dahulu. Saat HP sudah dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol Volume Down + Volume Up sambil hubungkan HP ke PC dengan kabel USB Type C.Cara Flash Samsung M30 SM-M305F
  4. Anda akan melihat tampilan Warning seperti pada gambar di bawah ini. Silahkan tekan tombol Volume Up untuk masuk ke mode Downloading (download mode).Cara Software HP Samsung M30 SM-M305F
  5. Beralih ke PC Anda, jalankan aplikasi Odin lalu masukkan semua firmware Samsung Galaxy M30 SM-M305F yang sudah Anda ekstrak. Masukkan file BL di kolom BL, file AP di kolom AP, file CP di kolom CP, dan file CSC di kolom CSC.Cara Software Samsung M30 SM-M305F
  6. Anda juga harus memastikan bahwa HP sudah terdeteksi pada aplikasi Odin. Caranya yaitu dengan memperhatikan bagian ID:COM, jika sudah berwarna biru itu artinya HP sudah terdeteksi.Cara Unbrick HP Samsung M30 SM-M305F
  7. Lalu pada bagian Options, Anda tidak perlu melakukan perubahan apapun, biarkan saja pengaturannya secara standar. Silahkan tekan tombol Start untuk memulai proses flashing.Cara Flash Samsung M30 SM-M305F Odin
  8. Proses tersebut pada umumnya akan memakan waktu sekitar 5 – 10 menit. Jika proses sudah selesai, Anda akan melihat tulisan PASS! berwarna hijau seperti pada gambar di bawah.Cara Flashing Samsung M30 SM-M305F Odin
  9. Selesai.

Terakhir, Anda hanya perlu menunggu proses reboot HP yang dilakukan secara otomatis. Proses ini biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 10 – 15 menit. Jadi Anda hanya perlu menunggunya hingga HP hidup kembali.

Demikian artikel mengenai cara flash Samsung M30 (SM-M305F) dengan Odin. Semoga artikel di atas bisa membantu Anda, jika ada pertanyaan Anda bisa menuliskannya di kolom komentar.

Charis

Pemuda Magelang yang suka dengan komputer, smartphone, dan menulis blog.

Tinggalkan komentar