Cara Flash Samsung Galaxy M21 SM-M215F

Samsung kembali merilis smartphone dari keluarga Galaxy M Series, yaitu Samsung Galaxy M21 SM-M215F pada bulan maret 2020 lalu. Harga dari Samsung Galaxy M21 kembali dipangkas untuk bisa bersaing di pasar ponsel kelas menengah ke bawah.

Meski begitu, spesifikasi Samsung M21 masih terbilang sangat baik. Smartphone ini dibekali dengan chipset Exynos 9611 dengan kapasitas RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Tidak hanya itu, Samsung juga menanamkan baterai dengan kapasitas 6.000 mAh.

Selain memberikan dukungan kapasitas baterai yang sangat besar, Samsung juga memberikan dukungan software, salah satunya yaitu panduan untuk mengatasi masalah bootloop. Jika Anda sedang mengalami masalah tersebut, saya akan menjelaskan cara flash Samsung Galaxy M21 SM-M215F.

Bahan Flash Samsung Galaxy M21 SM-M215F

Sebelumnya, Anda harus menyiapkan beberapa alat dan bahan yang nantinya akan digunakan pada saat proses flashing. Berikut beberapa alat dan bahan yang wajib Anda siapkan:

Setelah Anda mempersiapkan semua kebutuhan di atas, saatnya untuk melakukan proses flashing. Mohon untuk memperhatikan setiap langkahnya dengan baik agar tidak terjadi kesalahan.

Perhatian: Jika salah satu link di atas mengalami error, silahkan informasikan melalui kolom komentar agar segera saya perbaiki.

Cara Flashing Samsung Galaxy M21 SM-M215F

Sebenarnya, cara flash Samsung Galaxy M21 SM-M215F tidak jauh berbeda dengan flashing HP Samsung lainnya. Hanya saja, terdapat beberapa perbedaan, salah satunya yaitu firmware yang digunakan.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Install terlebih dahulu Samsung USB Driver di PC Anda.
  2. Setelah terpasang, ekstrak file firmware Samsung Galaxy M21 SM-M215F yang sudah Anda download di atas.
  3. Beralih ke HP Anda, masuk ke download mode dengan cara matikan HP terlebih dahulu. Setelah mati, tekan dan tahan tombol Volume Down + Volume Up sambil menghubungkan HP dengan PC menggunakan kabel USB Type C.Cara Flash Samsung M21 SM-M215F
  4. Anda akan melihat tampilan Warning, lepaskan semua tombol. Setelah itu, tekan tombol Volume Up untuk masuk ke proses Downloading (download mode).Cara Software HP Samsung M21 SM-M215F
  5. Kembali ke PC Anda, jalankan aplikasi Odin lalu masukkan file firmware Samsung Galaxy M21 SM-M215F yang sudah Anda ekstrak. Masukkan file BL pada kolom BL, file AP pada kolom AP, file CP pada kolom CP, dan file CSC pada kolom CSC.Cara Software Samsung M21 SM-M215F
  6. Anda juga harus memastikan bahwa HP sudah terdeteksi oleh aplikasi Odin. Untuk memastikannya, lihat pada bagian ID:COM, jika HP Anda sudah terdeteksi maka bagian tersebut akan berwarna biru.Cara Unbrick HP Samsung M21 SM-M215F
  7. Lalu pada bagian Options, Anda tidak perlu melakukan pengaturan apapun, biarkan saja pengaturan tersebut secara default. Langsung saja klik Start untuk memulai proses flashing.Cara Flash Samsung M21 SM-M215F Odin
  8. Proses flashing akan berjalan kurang lebih antara 5 – 10 menit. Setelah proses selesai, Anda akan melihat tulisan PASS! berwarna hijau pada status bar.Cara Flashing Samsung M21 SM-M215F Odin
  9. Selesai.

Setelah selesai, Anda hanya tinggal menunggu proses reboot HP yang berjalan secara otomatis. Proses ini biasanya akan memakan waktu sekitar 10 – 15 menit. Tunggu saja hingga HP Anda hidup kembali.

Itulah artikel mengenai cara flash Samsung M21 (SM-M215F) menggunakan aplikasi Odin. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah bootloop dengan cara flash Samsung menggunakan aplikasi Odin.

Charis

Pemuda Magelang yang suka dengan komputer, smartphone, dan menulis blog.

Tinggalkan komentar