Cara Melindungi Flashdisk dari Virus

Cara Melindungi Flashdisk dari Virus

Virus merupakan salah satu masalah yang bisa dikatakan serius dan berbahaya karena dapat menghapus data pada komputer maupun penyimpanan seperti flashdisk, hardisk, dan lainnya.

Walaupun kita sudah memilih flashdisk terbaik, tapi kalau sudah terkena virus ya sama saja. Data-data pada flashdisk tersebut akan terancam hilang atau terhapus oleh virus yang masuk.

Oleh karena itu, kita tetap harus berhati-hati, hindari hal-hal yang berpotensi menyebabkan flashdisk terkena virus. Selain itu, kita juga harus melakukan pencegahan atau melakukan proteksi flashdisk.

Cara Agar Flashdisk Tidak Terkena Virus

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk melindungi flashdisk dari virus, baik dengan aplikasi bawaan Windows maupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Adapun cara yang akan digunakan adalah sebagai berikut:

Cara Manual

Cara pertama yang akan kita lakukan adalah membuat folder khusus untuk memproteksi file-file yang disimpan. Untuk caranya, silahkan simak di bawah ini:

  • Pertama, silahkan lakukan format pada flashdisk.
  • Jika sudah, buat folder dengan nama autorun.inf pada flashdisk Anda.
  • Buka Character Map, caranya klik Start lalu ketikkan kata kunci Character Map.
    cara agar flashdisk tidak terkena virus
  • Jika sudah terbuka, silahkan pilih unicode yang rumit. Caranya, silahkan klik unicode yang Anda inginkan, setelah itu klik Select. Pilih sebanyak 5 karakter, jika sudah, klik Copy.
    cara memproteksi flashdisk agar tidak terkena virus
  • Masuk ke folder autorun.inf yang sebelumnya sudah dibuat. Kemudian klik kanan > New > Text Document > berikan nama dengan code yang tadi Anda copy.
    bagaimana cara agar flashdisk tidak terkena virus
  • Langkah selanjutnya, sembunyikan folder autorun.inf dengan Command Prompt. Caranya, buka CMD lalu ketikkan attrib +s +h “G:\autorun.inf” (ganti G dengan direktori flashdisk Anda).
    cara agar flashdisk tidak gampang terkena virus
  • Selesai.

Smad-Lock Smadav

Smadav merupakan aplikasi yang sering digunakan pada komputer saat ini, termasuk di warnet-warnet. Ini menandakan kalau Smadav termasuk antivirus yang laris digunakan.

Berikut adalah cara melindungi flashdisk dari virus dengan Smadav:

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Smadav.
  • Kemudian, klik Tools > Smad-Lock (Immunize) > centang pada flashdisk lalu klik Lock.
    Cara Lock Flashdisk dengan Smadav
  • Kalau sudah, silahkan cek di Flashdisk Anda, biasanya akan muncul folder Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ.
    Selesai.
  • File-file flashdisk Anda akan disimpan dan diamankan dalam folder tersebut, jadi Anda bisa sedikit lega karena sudah dilindungi oleh aplikasi Smadav.

Itulah 2 cara agar flashdisk tidak terkena virus. Sebenarnya masih ada cara lain, tapi cara di atas adalah cara paling mudah dan mampu untuk mengantisipasi serangan virus.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *