Antivirus Android

Apakah Android Perlu Antivirus?

Ketika sedang browsing, terkadang pemberitahuan Android terkena virus sering muncul dalam bentuk pop up. Kebanyakan orang mengira bahwa itu benar-benar virus yang menyerang. Padahal kenyataannya, itu bukalnah virus melainkan sebuah iklan aplikasi.

Coba saja, jika Anda mengalami hal tersebut, biasanya akan dialihkan ke Google Play Store dan disuruh menginstall sebuah aplikasi. Pernahkah Anda mengalami hal itu? Jadi itu bukanlah sebuah virus, cuma iklan saja.

Saat ini, Android menjadi salah satu sistem operasi Smartphone yang sangat banyak digunakan. Android memiliki segudang aplikasi untuk memudahkan pengguna yang bisa didapatkan di Google Play Store.

Namun, dibalik kemegahan Android, banyak pihak-pihak yang memanfaatkan Android dengan maksud dan tujuan tertentu, salah satunya dengan penyebaran aplikasi malware dan virus.

Oleh karena itu, banyak pengguna Android yang kemudian memutuskan untuk memasang antivirus di perangkat mereka. Pertanyaannya, apakah antivirus benar-benar berguna dan penting?

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan opini mengenai apakah aplikasi antivirus memang penting untuk Android? Karena ada teman-teman saya yang berpendapat kalau antivirus itu penting, namun ada juga yang berpendapat kalau antivirus tidak penting.

Pentingkah Antivirus untuk Android?

Pada dasarnya, antivirus dibuat untuk meminimalisir terjadinya penyerangan virus pada perangkat Android. Banyak sekali aplikasi antivirus yang tersedia di Google Play Store mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.

Namun, sebenarnya Android sama sekali tidak memerlukan antivirus karena Kepala Keamanan Android di Mountain View, California telah menyatakan bahwasannya:

mayoritas ponsel android dan tablet tidak membutuhkan anti-virus dan berbagai aplikasi pengamanan lainnya, meskipun banyak perusahaan aplikasi keamanan gencar mempromosikan produk keamanan mereka.

Dalam pernyataan tersebut sudah jelas dikatakan bahwa ponsel Android dan Tablet tidak membutuhkan antivirus dan aplikasi pengaman lainnya. Meskipun memang, banyak perusahaan aplikasi pengaman yang sering mempromosikan produk keamanan mereka mulai di Play Store atau di Pencarian Google.

Menurut saya pribadi, aplikasi antivirus di Android lebih sedikit kegunaannya dan lebih baik tidak dipasang. Kenapa? Karena kebanyakan aplikasi antivirus memakan resources yang besar dan berjalan di belakang sistem.

Dalam kondisi ini, aplikasi tersebut tentu memakan RAM yang tidak sedikit. Hal ini akan menyebabkan lambatnya proses di Android kelas menengah ke bawah karena keterbatasan RAM.

Lagian, Android juga sudah memiliki Google Play Service yang berfungsi untuk mengenali keaslian aplikasi yang akan diinstall. Jadi tidak perlu install antivirus lagi karena fungsi dari Google Play Service sudah lebih dari cukup.

Tips Agar Android Terhindar dari Virus Tanpa Antivirus

Sampai detik ini, saya belum pernah sekalipun memasang antivirus di Android saya. Dan sampai detik ini pula, Android saya juga belum pernah terkena virus. Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar Android tidak terkena virus walaupun tanpa antivirus? Berikut ini penjelasan singkatnya.

1. Install Aplikasi dari Google Play Store

Google Play Store adalah gudangnya aplikasi Android. Hampir semua aplikasi yang kita butuhkan ada di Play Store. Kenapa harus install apliaksi dari Play Store? Karena hampir semua aplikasi di Play Store sudah melewati proses review yang ketat dan bisa dikatakan aman untuk digunakan.

Lain halnya ketika menginstall aplikasi dari luar (aplikasi hasil download di Google) yang belum jelas keamanannya. Karena bisa saja aplikasi yang Anda download sudah disisipi malware dan virus berbahaya.

Ketika browsing atau dikirimi link oleh teman, sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu apa isi link tersebut. Karena bisa saja, akun teman yang mengirim link tersebut sudah terkena malware atau dibajak oleh bot yang menyebarkan link scam atau penipuan secara otomatis.

Pokoknya hati-hati karena scam bersifat merugikan. Sekarang banyak modus yang dibalut dengan cover yang menarik, sehingga tanpa sadar, kita terjerat jebakan tersebut.

3. Jangan Sembarangan Install Aplikasi

Sembarangan menginstall aplikasi bisa saja mendatangkan virus di Android. Meskipun bukan aplikasi virus, kita tetap harus hati-hati dalam menginstall aplikasi karena bisa saja aplikasi tersebut bersifat merugikan.

Jika download dari Play Store, sebaiknya Anda lihat dulu bagaimana review dari para pengguna, usahakan sebagian review menyatakan positif. Dan jika download dari Google, silahkan lihat komentar pada situs tersebut.

Nah, itulah opini antivirus di Android. Kalau saya pribadi dari dulu memang tidak pernah menggunakan antivirus dan alhamdulillah masih aman.

Jadi bagaimana, masih mau menggunakan antivirus atau tidak? Itu semua kembali kepada Anda pribadi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Seorang pembelajar dari Magelang, Jawa Tengah yang suka dengan komputer dan menulis blog.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *