Speaker Laptop Pecah
Speaker internal laptop merupakan salah satu hardware yang sangat diperlukan keberadaannya. Contoh kecilnya untuk mahasiswa yang ngekos. Saat mengerjakan tugas kuliah, pasti mereka butuh hiburan agar tidak jenuh. Salah satunya dengan mendengarkan musik dari laptopnya.

Masalah yang paling sering terjadi pada speaker laptop adalah suara yang pecah. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Agar lebih menambah wawasan, tidak ada salahnya kita membahas penyebab speaker laptop rusak.

  1. Mendengarkan musik lewat laptop memang sering dilakukan hampir semua penggunanya. Memutar musik dengan volume berlebihan akan membuat speaker menjadi pecah. Jadi, atur volume yang sedang-sedang saja.
  2. Masih berhubungan dengan musik. Ada orang yang lebih senang mendengarkan musik lewat hansfree. Sekadar tips, jangan terlalu sering pasang lepas konektor audio karena bisa menyebabkan speaker mati akibat konsleting konektor audio.
  3. Yang terakhir adalah debu yang menempel pada speaker. Jangan terlalu menyepelekan debu karena bisa menyebabkan kerusakan pada sebagian komponen laptop, salah satunya adalah speaker.

Cara Memperbaiki Speaker Laptop Pecah

Yang akan dilakukan pada artikel kali ini adalah langkah paling sederhana yaitu mematikan suara speaker yang pecah. Anda pasti sudah tahu kalau speaker laptop terletak pada dua bagian, yaitu kanan dan kiri. Nah, misal yang pecah adalah suara speaker kiri, maka kita matikan suara speaker kiri, begitu sebaliknya.

Dalam contoh ini, saya akan memberikan contoh menggunakan Windows 10. Untuk versi yang ada di bawahnya, bisa menyesuaikan karena kemungkinan tampilannya mirip.

  1. Pertama, klik kanan pada icon speaker lalu pilih Open Volume mixer.
    Cara Mengatasi Speaker Laptop Pecah
  2. Kemudian, pilih Speakers / Headphones.
    Cara Memperbaiki Speaker Laptop Pecah
  3. Kalau sudah, masuk ke tab Levels > Balance > hilangkan volume pada speaker yang pecah. Dalam contoh, saya menghilangkan (memberi nilai 0) pada speaker L atau kiri.
    Penyebab Speaker Laptop Rusak
  4. Kalau sudah, silahkan klik Ok.

Setelah mematikan suara speaker yang pecah, maka suara laptop Anda akan kembali normal meskipun suaranya tidak seperti suara yang dulu. Tapi, minimal Anda sudah bisa mendengarkan musik tanpa ada gangguan suara kemresek.

Alternatif Suara Laptop Kemresek

Nah, kalau ternyata semua speaker laptop (kanan dan kiri) pecah, maka mau tidak mau Anda harus mengganti speaker tersebut. Eh tunggu dulu, ada alternatif lain yaitu menggunakan speaker aktif atau speaker eksternal.

Ada banyak sekali jenis speaker aktif yang tersebar, mulai yang murah sampai yang mahal. Silahkan Anda sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Kalau sekadar untuk mendengarkan musik sih cari yang murah-murah saja.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberikan solusi kepada Anda yang mengalami masalah speaker laptop pecah atau kemresek.

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama