Topologi Jaringan WAN
Pengertian jaringan WAN atau Wide Area Network adalah sebuah rancangan jaringan komputer yang lebih luas cakupan areanya dibandingkan dengan topologi MAN (Metropolitan Area Network) dan LAN (Local Area Network). Jaringan ini sering digunakan untuk menghubungkan jaringan antar negara atau bahkan benua. Internet merupakan salah satu contoh dari jaringan WAN.

Jaringan WAN biasanya menggunakan kabel fiber optic. Kabel tersebut ditanamkan di dalam tanah ataupun melewati jalur bawah laut. Cakupan jaringan WAN bisa mencapai antar negara bahkan benua, jika sudah mencakup area intercontinental maka disebut dengan jaringan informasi global atau internet.

Nah, itulah sedikit pengertian jaringan WAN atau Wide Area Network. Sedikit infomasi, saya membuat artikel ini karena mendapatkan tugas dari guru produktif TKJ. Lumayan juga sih bisa dapat ide untuk membuat artikel. Bagi yang mendapat tugas serupa, bisa juga menjadikan artikel ini sebagai referensi.

Perangkat Jaringan WAN

Setelah mengetahui pengertian jaringan WAN, akan lebih mantap jika mengetahui perangkat-perangkatnya juga. Layaknya LAN, terdapat beberapa perangkat yang melewatkan aliran informasi data dalam jaringan WAN. Penggabungan perangkat tersebut akan membentuk infrastruktur WAN. Adapun perangkat jaringan WAN adalah sebagai berikut:

#1. Router

Router merupakan peningkatan kemampuan dari bridge. Router mampu menunjukkan rute dan memfilter informasi pada jaringan yang berbeda. Mudahnya, router adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih untuk menyalurkan data informasi dari jaringan satu ke jaringan lainnya.

#2. Modem

Modem berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi analog. Pada pengirim, modem mengkonversi sinyal digital ke dalam bentuk yang sesuai dengan teknologi transmisi untuk dilewatkan melalui fasilitas komunikasi analog atau jaringan telepon. Pada penerima, modem mengkonversi sinyal ke format digital.

#3. CSU/DSU

CSU/DSU (Channel Service Unit/Data Service Unit) sama halnya modem, hanya saja CSU/DSU mengirim data format digital melalui jaringan telepon digital. CSU/DSU biasanya berbentuk kotak fisik yang merupakan dua unit yang terpisah (CSU atau DSU).

#4. ATM Switch

ATM Switch merupakanpenyedia transfer data berkecepatan tinggi antara LAN dan WAN. Dalam pembentukan WAN haruslah menggunakan ATM Switch karena digunakan sebagai penyedia transfer data.

#5. Communication Server

Communication server adalah server khusus bagi pengguna untuk dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke jaringan LAN.

#6. Multiplexer

Multiplexer mentransmisikan gabungan beberapa sinyal melalui sebuah sirkuit. Multiplexer dapat mentransfer beberapa data secara terus menerus, seperti video, audio, text, dan lain sebagainya.

#7. Frame Relay

Frame Relay menghubungkan data local atau private melalui jaringan data menggunakan sinyal digital. Unit ini sama halnya dengan ATM Swicth, namun kecepatan transfer datanya lebih rendah dibanding ATM Swicth.

Nah, itulah sedikit artikel mengenai pengertian jaringan WAN dan gambarnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, khususnya untuk siswa yang sedang mendapat tugas membuat artikel WAN.

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama