Layar Laptop Bergaris
Layar bergaris pada laptop memang sangat mengganggu pandangan kita ketika sedang menggunakannya. Bagaimana tidak? Layar yang biasanya terlihat normal, tiba-tiba muncul garis sehingga ada sebagian objek yang tertutup.

Kita semua pasti sepakat kalau layar laptop atau monitor merupakan hardware yang memiliki fungsi sangat penting. Sebab, tanpa adanya layar maka sudah pasti laptop tidak akan bisa digunakan kecuali jika menggunakan proyektor.

Penyebab Layar Laptop Bergaris

Sebelum menuju langkah memperbaiki layar laptop yang bergaris, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja sih hal yang menyebabkan layar laptop muncul garis. Nah, di bawah ini akan saya paparkan beberapa penyebab layar laptop bergaris.

1. Kabel Fleksibel Bermasalah

Kabel fleksibel berfungsi sebagai penghubung layar monitor dengan motherboard. Ketika kabel fleksibel bermasalah (bisa rusak atau kendor), maka hal itu akan menyebabkan layar menjadi tidak normal, salah satunya menjadi bergaris.

+ Penyelesaian
Untuk mengetahui apakah masalahnya berasal dari kabel fleksibel atau bukan, Anda bisa coba menghubungkan laptop ke monitor eksternal. Jika garis tetap muncul, maka sudah pasti masalahnya bukan berasal dari kabel fleksibel ataupun layar laptop.

2. RAM Bermasalah

RAM berfungsi untuk menyimpan data secara sementara saat ada proses yang berjalan. Walaupun demikian, bisa juga menyebabkan layar laptop bergaris apabila ada bagian RAM yang rusak atau sekadar kotor saja.

+ Penyelesaian
Anda bisa melepas RAM terlebih dahulu, kemudian bersihkan kuningan pada RAM dan slot menggunakan penghapus karet. Biasanya, debu yang menempel pada kuningan dapat menyebabkan masalah walaupun terlihat sepele.

3. VGA Bermasalah

VGA sangat berhubungan dengan tampilan layar laptop. Jika VGA bermasalah, maka bisa juga menyebabkan layar laptop bergaris. Untuk itu, Anda bisa memastikan apakah VGA masih normal atau memang sudah bermasalah.

+ Penyelesaian
Sama halnya dengan RAM, Anda bisa mencoba membersihkan pin VGA dan slotnya. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan jika VGA Anda bisa dipelas. Untuk yang menggunakan VGA onboard, maka langkah ini tidak bisa dilakukan.

Masih berkaitan dengan VGA. Anda bisa mencoba update driver VGA menjadi yang terbaru. Driver juga sangat memengaruhi performa pada VGA. Biasanya, driver yang tidak cocok atau belum diupdate akan menyebabkan masalah pada monitor.

Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris dengan Pixel Repair

Nah, apabila cara di atas tidak ada yang berhasil, tidak ada salahnya Anda juga mencoba langkah memperbaiki layar bergaris dengan aplikasi Pixel Repair. Berdasarkan pengalaman saya, cara ini pernah berhasil mengatasi layar laptop bergaris.

Anda harus memiliki aplikasi Pixel Repair terlebih dahulu, silahkan cari di Google ya karena saya tidak menyediakan, sudah banyak yang share aplikasi ini kok.
  • Pertama, ekstrak file Pixel Repair kalau masih berbentuk arsip zip.
  • Langsung buka aplikasi tersebut.
  • Enable semua warna yang ditandai dengan cara klik warna > enable.
    Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris
  • Saat proses enable, maka layar akan berubah sesuai warna yang di enable. Kalau ada masalah, akan muncul warna selain warna tersebut. Untuk keluar dari tampilan bisa menekan tombol Esc.
  • Kalau memang ada warna lain ketika Anda melakukan langkah di atas, silahkan klik tab Repair lalu pilih Add.
    Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris
  • Tunggu beberapa saat, lalu close aplikasi tersebut.

Dengan langkah ini, laptop saya benar-benar bisa kembali normal. Silahkan Anda coba saja, siapa tahu cocok dengan permasalahan laptop Anda.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan membantu Anda mengatasi layar laptop yang bergaris.

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama