Laptop Tidak Bisa Dimatikan
Setelah selesai menggunakan laptop, maka yang wajib kita lakukan adalah mematikannya. Sebagai pengguna yang baik, kita harus mematikan laptop dengan benar yaitu dengan memanfaatkan fitur shutdown yang telah disediakan.

Namun, ada saja masalah yang muncul ketika proses shutdown. Sebenarnya laptop sudah mati ketika kita shutdown. Namun, kipas dan lampu indikator tetap menyala seolah-olah laptop masih dalam keadaan hidup.

Solusi Laptop Windows Tidak Bisa di Shutdown

Permasalahan tidak bisa shutdown ini sering terjadi pada Windows 10. Sebenarnya tidak selalu muncul sih masalahnya, namun menurut saya tetap mengganggu. Untuk itu, tidak salahnya kita atasi agar laptop kembali normal tanpa hambatan.

Untuk mengatasi laptop tidak bisa dimatikan, kita hanya perlu mematikan fitur Windows yaitu Fast Startup. Fitur ini secara default memang sudah aktif, namun kalau kita matikan juga tidak masalah. Berikut adalah langkahnya.

  • Pertama, masuk ke Control Panel.
  • Jika sudah, ubah view by menjadi Small icons lalu pilih Power Options.
    Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Dimatikan
  • Kemudian, pilih Choose what the power buttons do.
  • Pada Shutdown settings hilangkan centang Turn on fast startup (recommended).
    Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Shutdown
  • Langkah terakhir klik Save Changes.

Nah, setelah melakukan langkah ini kemungkinan besar laptop Anda sudah normal kembali. Namun kelemahannya, proses booting akan lebih lama daripada saat mengaktifkan fitur fast startup.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi laptop tidak bisa dimatikan.

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama