Komunikasi Daring
Komunikasi adalah sebuah proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Itu adalah pengertian Komunikasi menurut Wikipedia. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara verbal maupun nonverbal.

Komunikasi sangat dibutuhkan oleh manusia sebagai makhluk sosial, karena tanpa komunikasi kemungkinan manusia tidak akan bisa saling kenal satu sama lain. Seiring berkembangnya teknologi, bentuk komunikasi juga ikut berubah.

Mungkin, pada awalnya komunikasi hanya sebatas di lingkungan sendiri saja. Namun sekarang, jangkauan komunikasi menjadi semakin luas dengan adanya Komunikasi Daring atau Komunikasi Dalam Jaringan.

Mungkin di antara Anda ada yang belum tahu apa sih itu komunikasi daring? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian komunikasi daring (dalam jaringan) dan jenis-jenisnya.

Pengertian Komunikasi Daring

Komunikasi daring adalah sebuah cara berkomunikasi di mana pengiriman dan penerimaan pesan dilakukan melalui jaringan internet. Salah satu bentuk komunikasi daring adalah penggunaan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan seperti Gmail, Yahoo, Gtalk, Twitter, Facebook, dan sebagainya.

Sangat banyak media online yang dapat digunakan sebagai media komunikasi. Jika Anda punya media sosial Facebook, pasti ada sebuah fitur bernama pesan, nah itulah salah satu contoh komunikasi daring yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan siapa saja yang memiliki akun Facebook.

Komunikasi daring juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari komunikasi daring, berikut penjelasannya.

#Kelebihan Komunikasi Dalam Jaringan

  1. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
  2. Menghemat biaya karena tidak membutuhkan transportasi untuk bertemu dengan lawan bicara.
  3. Menghemat waktu karena bisa dilakukan dalam hitungan detik saja.
  4. Meningkatkan intensitas komunikasi yaitu menjadikan orang yang biasanya hanya diam menjadi lebih aktif di dunia maya.
  5. Meningkatkan partisipasi yaitu semakin banyaknya orang yang ikut serta dalam komunikasi.

#Kekurangan Komunikasi Dalam Jaringan

  1. Tidak bisa mewakili emosi pengguna (intonasi bicara, raut muka, dan gerakan tubuh) sehingga relatif susah untuk dipahami melalui komunikasi daring.
  2. Memerlukan perangkat khusus seperti komputer dan perangkat lunaknya.
  3. Terlampau banyak berita yang tidak penting yaitu seringnya masuk informasi yang tidak penting, hal ini akan membingungkan penerima pesan.

Jenis-jenis Komunikasi Daring

Berikut ini adalah beberapa jenis komunikasi dalam jaringan.

#Komunikasi Daring Sinkron (Serempak)

Komunikasi daring sinkron adalah komunikasi yang menggunakan komputer sebagai medianya dan terjadi secara serempak, waktunya nyata (real time). Adapun contoh dari komunikasi daring sinkron adalah seperti di bawah ini.

1. Text Chat
Text chat adalah sebuah fitur, aplikasi, atau program dalam jaringan internet yang berfungsi untuk berkomunikasi langsung dengan pengguna internet yang sedang daring atau sama-sama terhubung ke jaringan internet.

Komunikasi text chat hanya bisa mengirim teks saja. Komunikasi ini akan mengirim teks kepada seseorang yang sedang daring, kemudian orang yang dituju membalas dengan pesan teks juga, begitu seterusnya.

2. Video Chat
Video chat adalah teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video dengan cara real time antara pengguna di tempat yang berbeda. Video chat pada umumnya dilakukan melalui perangkat komputer atau bisa juga tablet atau smartphone. Video char bisa berupa interaksi point to point (satu-satu) seperti FaceTime dan Skype atau multipoint (satu ke banyak, atau banyak ke banyak) seperti dalam Hangouts Google Plus.

Video chat sering disalah artikan dengan video conference. Video chat merujuk pada komunikasi video antara dua orang individu (point to point), sedangkan video conference mengacu pada komunikasi di antara 3 pihak atau lebih (multipoint).

#Komunikasi Daring Asinkron (Tidak Serempak)

Komunikasi daring asinkron adalah komunikasi menggunakan komputer dan dilakukan secara tertunda. Seperti contoh yaitu email, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis posting dokumen melalui sebuah situs.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian komunikasi daring dan jenisnya. Pada intinya komunikasi daring adalah proses penyampaian pikiran atau ide dari satu orang ke orang lain yang dilakukan lewat internet. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama