Ciri ciri Power Suply Rusak
Power supply bisa juga disebut dengan catu daya, adalah sebuah hardware komputer yang berfungsi untuk menyuplai listrik ke seluruh hardware lainnya agar komputer bisa hidup dan digunakan. Fungsi power supply bukan hanya memberikan suplai listrik saja, namun juga untuk mengubah arus listrik bolak-balik (AC) menjadi arus listrik searah (DC). Dengan mengubah arus listrik menjadi DC maka power supply akan membuat motherboard bisa menyala dan memberikan suplai listrik ke seluruh bagian CPU.

Jadi dapat disimpulkan bahwa tanpa adanya power supply, komputer tidak akan bisa hidup. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel mengenai ciri-ciri atau tanda-tanda power supply pada komputer sudah rusak.

Sebelum mengetahui ciri-ciri power supply rusak, alangkah baiknya membahas mengenai macam-macam power supply agar pengetahuan kita menjadi lebih luas lagi. Saya membuat artikel ini selain untuk sharing juga untuk membackup materi sekolah dulu agar nantinya kalau lupa bisa membukanya di blog ini. Di bawah ini adalah macam-macam jenis power supply.

1. Power Supply AT

Power supply AT adalah jenis power supply yang digunakan pada komputer yang menggunakan motherboard tipe AT atau Advanced Technology. Power supply jenis AT ini memiliki 12 pin konektor. Power supply ini biasa digunakan pada prosesor Intel Pentium 1 hingga Pentium 3. Power supply ini memiliki tombol on off yang hanya bisa dimatikan secara manual saja. Untuk sekarang ini, power supply jenis AT sudah tidak digunakan lagi karena keterbatasan motherboard jenis AT.

2. Power Supply ATX

Power supply ATX adalah jenis power supply yang digunakan pada komputer yang menggunakan motherboard tipe ATX atau Advanced Technology Extended. Power supply ATX memiliki 20 pin konektor. Power supply ini biasa digunakan pada prosesor Intel Pentium 3 dan Pentium 4. Power supply ini sudah tidak menggunakan tombol on off lagi karena akan otomatis mati ketika komputer dimatikan.

3. Power Supply BTX

Power supply BTX adalah jenis power supply yang digunakan pada komputer jaman sekarang yaitu Intel Core i3, i5, i7, serta prosesor AMD terbaru. Power supply BTX merupakan kepanjangan dari Balanced Technology Extended. Power supply BTX memiliki 24 pin konektor.

Ciri-ciri Power Supply Rusak

Nah, jika Anda sedang mengidentifikasi permasalahan pada power supply dan mempunyai kecurigaan kalau power supply nya rusak. Maka tidak ada salahnya membaca ciri-ciri power supply yang rusak di bawah ini.

1. Komputer Tidak Mau Hidup

Ketika komputer Anda tidak mau hidup sama sekali, maka kemungkinan pertama yang terjadi kerusakan adalah power supply. Jika Anda mau bukti, silahkan coba pergi ke tempat service komputer dan tanyakan kenapa komputer saya mati tidak mau hidup pasti jawaban yang diberikan pertama kali adalah kerusakan pada power suppy. Nah, dalam hal ini bisa disimuplkan bahwa komputer yang tidak mau hidup adalah ciri-ciri pertama power supply yang rusak.

2. Kipas Power Supply Tidak Berputar

Ketika Anda menghidupkan komputer dan mendapati komputer tidak mau menyala, padahal seluruh komponen sudah terpasang dengan benar, maka silahkan cek kipas power supply berputar atau tidak. Jika memang tidak berputar, maka bisa dipastikan bahwa power supply mengalami kerusakan.

3. Komputer Sering Mati Sendiri

Komputer yang tiba-tiba mati disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah rusaknya power supply. Power supply yang rusak tidak selalu mati total, namun bisa saja masih tetap hidup. Kerusakan power supply yang masih bisa nyala adalah kerusakan ringan, biasanya daya power supply sudah tidak kuat untuk memberikan suplai, jadi menyebabkan komputer sering mati sendiri.

4. Komputer Stuck di BIOS

Stuck berarti berhenti (terjebak) yang maksudnya setelah komputer dinyalakan tiba-tiba langsung masuk ke BIOS. Dalam keadaan ini, tentu saja komputer tidak bisa booting ke sistem operasi. Tambahan, komputer yang tiba-tiba masuk ke BIOS bukan hanya disebabkan oleh rusaknya power supply lho, bisa saja kerusakan pada hardware lainnya.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri power supply komputer rusak yang umum terjadi. Ketika Anda menemukan ciri-ciri yang lain silahkan tambahkan melalui kolom komentar, nanti akan saya tambahkan pada artikel ini karena saya yakin masih banyak ciri-ciri power supply yang rusak, hanya saja saya belum mengetahuinya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan Anda semua. Jika terdapat kekeliruan mohon dimaafkan.

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama