Cara Memperbesar Ukuran Foto
Foto merupakan sebuah gambar yang dibuat menggunakan alat seperti kamera ataupun peralatan fotografi lainnya. Biasanya, file foto memiliki berbagai macam format, salah satunya adalah format JPG atau JPEG. Format ini sering digunakan pada gambar fotografi karena memiliki kualitas yang bagus serta ukurannya yang kecil.

Ukuran foto (dalam kb) biasanya bervariasi, tergantung peralatan yang digunakan untuk memotret. Semakin tinggi pengaturan alat tersebut, biasanya akan semakin besar pula ukuran yang dihasilkan. Namun, walaupun ukuran foto yang berformat JPEG ini bisa dikatakan besar, biasanya tidak akan sebesar ukuran gambar PNG dengan kualitas yang sama.

Di Google, banyak sekali pencarian yang menanyakan tentang cara memperbesar ukuran gambar JPG. Memang tidak salah, karena jika dijawab maka cara yang bisa digunakan sangatlah banyak. Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan artikel tentang cara memperbesar ukuran foto.

Cara Memperbesar Ukuran Gambar JPG

Sekadar informasi, karena kalimat memperbesar ukuran gambar masih kurang jelas maksudnya. Untuk lebih mudahnya, kita bagi saja menjadi cara memperbesar resolusi gambar dan cara memperbesar ukuran gambar dalam kb (size).

Dalam tutorial kali ini, kita akan menggunakan cara online dan cara offline, baik itu dengan software maupun tanpa software. Baiklah, berikut ini adalah cara memperbesar ukuran foto JPG yang bisa Anda lakukan agar resolusi tidak pecah.


#1. Memperbesar Gambar JPG dengan Photoshop

Photoshop merupakan software editing foto yang memiliki fungsi bermacam-macam. Dengan Photoshop, Anda bisa memperbesar gambar JPG baik dari segi resolusi maupun ukuran. Jika resolusi gambar diperbesar, maka secara otomatis ukurannya akan semakin besar. Anda bebas mau mengubah ukuran resolusinya sesuai keinginan.
  • Pertama, silahkan buka foto dengan aplikasi Photoshop. Caranya pilih menu File > Open lalu cari gambar yang akan diperbesar ukurannya.
  • Jika sudah, klik menu Image > Image Size seperti gambar di bawah ini.
    Cara Memperbesar Ukuran File JPEG
  • Kemudian, silahkan hilangkan centang pada Constrain Proportions agar bisa mengubah ukuran sesuai selera. Setelah itu, masukkan ukuran foto yang diinginkan pada bagian yang saya tandai.
    Cara Memperbesar Foto JPG dengan Photoshop
  • Jika sudah, silahkan klik OK dan ukuran gambar akan secara otomatis berubah.
  • Untuk menyimpannya, silahkan pilih menu File > Save As atau bisa dengan menekan tombol Shift + Ctrl + S.
  • Terakhir, jangan lupa menyimpannya dengan format JPEG.
    Memperbesar File JPEG dengan Photoshop
  • Selesai.

#2. Memperbesar Gambar JPG dengan Resize Image

Resize Image merupakan sebuah website khusus gambar dengan fungsi mengubah ukuran dan compress size. Menurut saya, ini adalah website yang bisa dikatakan cocok untuk memperbesar ukuran gambar dengan format JPG.
  • Pertama, silahkan masuk ke website resizeimage.net
  • Kemudian, masukkan foto yang ingin diperbesar dengan klik Upload an Image.
    Cara Memperbesar JPG Online
  • Selanjutnya scroll cursor ke bawah sampai menemukan Resize your Image. Pada bagian ini, silahkan masukkan gambar sesuai keinginan Anda. Penting: jangan centang Keep Aspect Rasio.
    Cara Memperbesar Gambar JPG Online
  • Pada bagian Select the output image format (lihat gambar di atas) silahkan pilih JPG.
  • Langkah terakhir atau pada bagian Optimize your Image, silahkan centang pada Best image quality untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus. Jika sudah, klik Resize Image. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai, untuk mengunduh gambar tersebut, silahkan klik Download Image.
    Cara Memperbesar Foto JPG Online
  • Selesai.

#3. Memperbesar Gambar JPG dengan Waifu2x

Waifu2X ini juga hampir sama dengan Resize Image. Tampilan dari website ini sangat sederhana. namun kemampuannya untuk memperbesar JPG juga tidak bisa dianggap remeh. Dengan website ini, foto Anda bisa menjadi lebih bersih dan kualitasnya juga bagus karena tidak pecah-pecah.
  • Pertama, silahkan masuk ke website waifu2x.udp.jp
  • Jika sudah, masukkan gambar Anda pada bagian Choose File.
    Cara Mengubah Ukuran Gambar JPG
  • Yang perlu diubah hanyalah bagian Upacalling, ubah menjadi 2x. Jangan lupa verifikasi bahwa Anda bukan robot dengan mencentang bagian I'm not a robot. Langkah terakhir tinggal klik Convert atau Download.
    Cara Mengubah Ukuran File JPG
  • Selesai.
Saran: Jika menggunakan Google Chrome, lebih baik Anda klik Convert saja. Namun jika Anda menggunakan Mozilla Firefox, silahkan pilih Download.

#4. Memperbesar Gambar JPG dengan Image Optimizer

Website terakhir ini tidak jauh beda dengan website-website sebelumnya yang memiliki fungsi untuk memperbesar ukuran dan resolusi gambar. Website ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi komputer, ada yang gratis dan ada yang berbayar. Namun kali ini saya akan membahas memperbesar gambar JPG dengan websitenya saja.
  • Pertama, silahkan masuk ke website imageoptimizer.net
  • Kemudian, masukkan gambar yang ingin diperbesar pada Choose File.
    Cara Memperbesar Ukuran File JPG Online
  • Jika sudah, ubah ukuran sesuai keinginan. Pada bagian Quality, silahkan pilih sesuai keinginan juga, kalau ingin kualitas gambarnya bagus silahkan pilih Best quality. Selanjutnya, silahkan klik Optimize Now!
    Cara Memperbesar File JPG Online
  • Untuk mengunduh gambar tersebut, silahkan pilih Download to your computer.
    Cara Mengubah Ukuran JPG Online
  • Selesai.

Itulah beberapa cara memperbesar ukuran foto atau gambar JPG secara offline dan online. Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan memudahkan Anda dalam memperbesar ukuran JPG. Jika ada yang masih kebingungan, silahkan ditanyakan melalui komentar.

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama