Jurusan Komputer SMK
Seperti yang kita ketahui, TKJ, Multimedia, dan RPL adalah jurusan SMK yang sama-sama berhubungan dengan IT. Oleh karena itu, terkadang kita menjadi bingung mau pilih mana antara TKJ, Multimedia, atau RPL.

Agar lebih akrab dengan jurusan ini, akan lebih baik jika kita mengetahui kepanjangannya seperti berikut: TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), MM (Multimedia), RPL (Rekayasa Perangkat Lunak).

Ketika Anda bertanya pada siswa Multimedia dengan pertanyaan begini "Bagus mana ya TKJ, Multimedia, atau RPL?" 99% dari mereka akan menjawab kalau Multimedia lebih bagus daripada TKJ dan RPL. Tidak percaya? Silahkan dicoba!

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit beropini mengenai TKJ, MM, dan RPL. Lebih tepatnya mengenai pilih TKJ, Multimedia, atau RPL. Sekali lagi, ini hanya artikel opini loh ya, dalam pembahasan kali ini saya akan netral, tidak berat sebelah, walaupun saya siswa TKJ.

Bagus TKJ, Multimedia, atau RPL?

Seperti yang sebelumnya saya katakan, saya tidak akan berat sebelah. Maka dari itu, di bawah ini akan saya berikan sedikit gambaran mengenai perbedaan atau pengertian dari masing-masing jurusan. Jika ada yang kurang mohon maaf ya, saya hanya memberikan sedikit gambaran saja.

#1. TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

TKJ adalah jurusan SMK yang membahas mengenai dasar komputer seperti software dan hardware, cara install sistem operasi (Windows, Ubuntu, Debian, dll), cara merakit PC, cara installasi program aplikasi, cara konversi bilangan (biner, oktal, hexa, dll), cara membuat website sederhana, cara membangun jaringan, dan masih materi pembahasan lainnya.

Peminatnya sendiri ada yang dari kaum laki-laki dan juga ada yang perempuan. Kalau dalam kelas saya kemarin, lebih banyak siswa perempuan daripada siswa laki-laki. Namun entah untuk sekolah lain, kemungkinan tetap ada yang lebih banyak laki-lakinya.

#2. MM (Multimedia)

Multimedia adalah jurusan SMK yang lebih cenderung mempelajari materi tentang multimedia (sesuai namanya) seperti Corel Draw, Corel Video Studio, Adobe Premiere, Sony Vegas, dan masih banyak lagi. Saya tahu hal ini karena teman saya sendiri masuk ke jurusan Multimedia dan saya sempat tanya, dan ternyata jawabannya seperti itu.

Peminatnya juga ada yang dari kaum kali-laki dan ada juga yang perempuan. Saya tahu karena melihat proses pembuatan film pendek di Instagram teman saya, dalam video tersebut terdapat siswa laki-laki dan perempuan yang sudah pasti siswa Multimedia.

#3. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

RPL adalah jurusan SMK yang membahas mengenai pengembangan perangkat lunak. Dalam hal ini termasuk proses pembuatan, pemeliharaan, manajemen pengembangan, dan manajemen kualitas. Materi ini memang berbeda dengan TKJ dan Multimedia, namun masih tetap berhubungan dengan materi IT.

Untuk peminat RPL kurang tahu karena kebetulan teman saya tidak ada yang RPL. Tapi saya yakin kalau jurusan ini juga banyak peminatnya baik laki-laki maupun perempuan, tidak kalah dengan TKJ ataupun Multimedia.

Lalu, Pilih TKJ, Multimedia, atau RPL?

Kalau dibandingkan antara TKJ vs Multimedia vs RPL, maka tidak akan membuahkan hasil. Semua tergantung dari setiap orang karena pendapat satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Semisal saya bilang kalau TKJ lebih baik daripada RPL dan Multimedia, maka belum tentu orang lain akan sependapat dengan yang saya katakan.

Jadi, bagus tidaknya sebuah jurusan itu tergantung orangnya juga. Silahkan pikirkan matang-matang sesuai kemauan Anda sendiri sebelum benar-benar memutuskan. Kalau alasan saya memilih TKJ sudah jelas, sejak kecil saya memang sudah suka dengan komputer, terlebih pada software karena dulunya saya suka main game dan suka pake cheat. :D

Mungkin kalau saat kecil saya suka bikin video atau film pendek, saat SMK saya akan mengambil jurusan Multimedia untuk mengembangkan bakat yang sudah ada. Tapi karena saya lebih cenderung suka dengan software dan hardware komputer, saat itu saya memutuskan untuk memilih TKJ saja.

Nah, itulah sedikit penjelasan mau pilih TKJ, Multimedia, atau RPL. Intinya, semua kembali pada Anda, mungkin bisa menjadi sedikit gambaran mau pilih jurusan apa saat SMK nanti. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama