Harga Domain ID
Domain merupakan nama unik yang digunakan sebagai alamat di internet. Yang paling umum dijumpai, domain sering digunakan untuk alamat website, atau sering disebut dengan URL.

Salah satu contoh domain adalah www.charis.id (domain yang saya pakai). Kebetulan saya menggunakan domain ID, kali ini saya juga akan membahas sedikit mengenai domain ini.

Akhir-akhir ini, kita semua pasti tahu kalau domain .ID harganya turun, bahkan lebih murah daripada domain .COM. Namun, kabar kembalinya domain .ID ke harga semula sudah terdengar.

Harga Domain .ID Naik!

Sore tadi, saya mendapatkan email dari Rumahweb Indonesia dengan subject Harga .ID Bakal Naik, Daftar atau Perpanjang Sekarang Juga! Karena merasa menggunakan domain .ID, saya langsung membaca email tersebut.

Domain ID

Inti dari email tersebut adalah PANDI memutuskan untuk menaikkan kembali harga domain .ID. Nah, sebagai konsekuensi kenaikan harga itu, Rumahweb juga akan menaikkan harga domain .ID.

Saat ini, harga domain ID di Rumahweb adalah Rp110.000/tahun. Harga akan mulai berubah pada tanggal 29 Juli 2019, naik menjadi Rp250.000/tahun. Sebenarnya bukan naik ya, melainkan kembali ke harga semula.

Sebagai pengguna domain .ID, saya merasa kenaikan harga tersebut merupakan hal yang wajar. Meskipun saya belum tahu alasan pastinya, tapi saya tetap setuju-setuju saja dengan kebijakan tersebut.

Walaupun harganya naik, saya tetap akan mempertahankan domain ini. Lagian, saya belinya juga pas harga masih Rp250.000/tahun. Tapi tetap ada harapan, saat saya perpanjang domain ini (tahun 2022), harganya sudah turun kembali. 

Saya membuat artikel ini sebagai pembuka, karena sudah sekian lama blog ini tidak terurus dan sudah banyak sarang laba-laba. 😀

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama