Domain untuk Bisnis
Dewasa ini, perkembangan bisnis sudah merambah ke dunia online. Sebenarnya, fenomena ini sudah terjadi sejak lama. Hingga saat ini, pelaku bisnis offline sudah banyak yang menjangkau pasar online untuk meningkatkan penghasilan.

Ketika kita memiliki bisnis, namun tidak mengikuti perkembangan teknologi modern, yang ada bisnis kita akan semakin ketinggalan. Bisa kita saksikan bersama banyak toko offline yang gulung tikar karena sepi pembeli.

Oleh karena itu, ada baiknya kalau kita mengikuti perkembangan bisnis yang sudah semakin maju. Kita harus melakukan perombakan terhadap bisnis lama kita agar bisa bersaing dengan kompetitor yang sudah maju terlebih dahulu.

Apa yang Harus Dilakukan Pertama Kali?

Untuk langkah awal, kita bisa membuat sebuah website yang nantinya akan digunakan sebagai tempat berdagang. Jika diibaratkan jualan di pasar, website adalah lapak yang berisi barang yang kita jual.

Sebagian besar pelaku bisnis online, terutama jualan online, memanfaatkan website sebagai toko mereka. Kenapa memilih website? Dengan website, kita lebih leluasa dalam memasarkan dagangan yang kita punya.

Oh ya, apakah Anda sudah tahu apa sih hal yang menjadi poin penting dalam sebuah website? Jika jawabannya konten, maka itu sangat tepat. Namun yang lebih mendasar lagi, kita bisa melirik pada nama domain.

Domain merupakan nama atau alamat sebuah website. Domain memiliki peran yang sangat penting, terutama dalam bisnis. "Hmm, emang apa sih peran dan manfaat domain untuk bisnis?"

Manfaat Domain untuk Bisnis Anda

Sekadar info, domain merupakan faktor kecil yang memiliki nilai besar. Sebagian besar pengguna internet akan mengingat nama domain website yang pernah dikunjungi jika website tersebut memberikan sebuah manfaaat.

Di atas sudah sedikit saya singgung kalau website bisa kita ibaratkan tempat kita jualan. Nah, untuk domain sendiri, bisa kita ibaratkan sebagai alamat tempat jualan tersebut.

Ketika kita memiliki alamat jualan yang jelas dan mudah diingat, bukan tidak mungkin banyak pembeli atau konsumen yang akan kembali ke tempat kita untuk melakukan transaksi.

Lain halnya jika alamat jualan kita susah ditemukan dan perlu kerja keras untuk mengaksesnya, maka kemungkinan besar pembeli tersebut akan mencari tempat lain untuk transaksi.

Kembali ke domain. Jadi, dari sedikit penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa website yang kita miliki harus menggunakan domain yang jelas dan mudah dibaca. Tujuannya agar seseorang mudah ketika ingin mengakses website langsung melalui domain.

Lalu, apa saja sih manfaat domain untuk bisnis yang kita kelola? Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Meningkatkan Kepercayaan

Kepercayaan adalah suatu hal yang penting dalam bisnis. Ketika seseorang percaya pada bisnis kita, maka proses transaksi cenderung lebih cepat. Lain halnya ketika seseorang kurang yakin pada bisnis kita, kita harus menjelaskan secara rinci berbagai macam hal sampai orang tersebut percaya.

Bagi saya, hal yang pertama kali dilihat pada sebuah website bisnis adalah nama domainnya. Ketika domain sudah menggunakan TLD (Top Level Domain), maka website tersebut sudah lumayan bisa dipercaya.

Namun, jika website tersebut masih menggunakan domain gratisan, maka kepercayaan saya akan langsung hilang. Soalnya, sekarang banyak penipuan yang dilakukan menggunakan domain gratisan.

2. Terlihat Lebih Profesional

Ketika kita melihat nama domain TLD dan gratisan, pasti akan lebih tertarik dengan domain TLD ya. Terlebih berkaitan dengan bisnis, seseorang akan langsung mengarah ke domain TLD karena lebih profesional.

Domain gratisan bisa saja digunakan untuk bisnis. Namun, jangan kaget kalau website tersebut akan dianggap remeh oleh konsumen. Hampir semua website jualan sukses dengan domain TLD, bukan gratisan.

Konsumen juga akan menilai apakah kita serius dalam menjalani bisnis. Kalau memang serius, pasti kita membeli apa saja yang dibutuhkan, salah satunya adalah domain.

3. Unik, Beda dari yang Lain

Sebenarnya, alamat sebuah website adalah IP Address. Namun, agar seseorang lebih mudah dalam membaca dan mengingatnya, digunakanlah domain untuk menggantikan angka-angka tersebut.

Dengan sifat unik yang dimiliki oleh domain, maka akan menjadi pembeda antara website satu dengan website lain. Kenapa? Karena satu nama domain hanya bisa digunakan oleh satu website saja.

Domain juga bisa menjadi identitas website agar tidak terkesan pasaran. Kita bebas menentukan nama domain sesuai nama bisnis, dengan catatan nama domain yang diinginkan belum digunakan.

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Dalam memilih nama domain, kita tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar nama domain yang kita gunakan dalam website benar-benar tepat dan sesuai kebutuhan.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Ketika kita ingin memilih nama domain untuk bisnis online, usahakan menggunakan nama merk. Semisal, nama toko kita adalah Makmur Mebel, maka usahakan nama domainnya makmurmebel.com.

Pokoknya, buat domain se-relevan mungkin dengan nama bisnis. Jangan kok nama toko Makmur Mebel tapi nama domainnya makmurganteng.com, kan tidak nyambung banget.

Kenapa sih kita harus membuat domain relevan dengan bisnis? Jawabannya jelas, ketika seseorang membaca domain kita, mereka langsung paham dengan apa yang kita tawarkan.

2. Gunakan Huruf Saja

Ketika membuat domain, kita bisa memasukkan huruf, angka, dan beberapa simbol. Namun, saya menyarankan agar menggunakan huruf saja, jangan gunakan angka dan simbol.

Coba kita lihat website-website terkenal di seluruh dunia, mereka hanya menggunakan huruf saja dalam domain website mereka. Sangat jarang website terkenal yang menggunakan simbol dan angka dalam domain.

Hal ini bertujuan agar pembaca lebih mudah dalam mengingat domain yang kita gunakan. Simbol dan angka hanya akan mempersulit dalam membaca. Kecuali, nama bisnis yang kita kelola memang menggunakan angka.

3. Pilih Layanan Terpercaya

Di Indonesia, banyak sekali penyedia layanan domain. Namun, saya pribadi lebih menyarankan untuk menggunakan Rumahweb.com sebagai tempat registrasinya. Bukan tanpa alasan, sejak dulu saya membeli domain di Rumahweb.

Domain Rumahweb

Kenapa saya menyarankan memilih Rumahweb? Selain terpercaya, banyak sekali domain murah yang ditawarkan. Eh tunggu, walaupun harganya murah jangan anggap murahan ya.

Untuk pelayanan, Rumahweb bisa dikatakan sangat cepat. Ketika meregistrasi domain baru, domain akan langsung aktif kurang dari 1 jam. Jadi, kita bisa segera menggunakan domain tersebut.

Dari dulu hingga sekarang, saya selalu puas dengan apa yang diberikan Rumahweb. Terbukti, sampai sekarang saya masih setia menggunakan Rumahweb untuk tempat domain-domain saya.


Jadi, kita sudah mengetahui bersama-sama alasan mengapa domain penting untuk bisnis. Oleh karena itu, ayo manfaatkan domain sebagai salah satu ujung tombak website kita.

Majukan bisnis kita bersama Rumahweb selaku penyedia layanan domain murah dan terpercaya. Buruan, daftarkan domain Anda sebelum digunakan orang lain, nanti nyesel di akhir loh!

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama