Cara Screenshot VirtualBox Gampang Cuma Satu Detik
Media Onlineku ;)

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cara Screenshot VirtualBox Gampang Cuma Satu Detik

Cara Screenshot VirtualBox Gampang Cuma Satu Detik

Cara Screenshot VirtualBox
VirtualBox merupakan salah satu aplikasi virtual yang sering digunakan untuk belajar instalasi sistem operasi. Khususnya anak TKJ, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini, benar kan?

Di jurusan TKJ, siswa memang diperkenalkan dengan instalasi sistem operasi melalui VirtualBox. Kenapa? Karena jika siswa melakukan kesalahan, maka tidak akan terjadi kerusakan yang real.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial singkat screenshot di VirtualBox. "Screenshot di VirtualBox mah gampang!" Ya memang, artikel ini khusus untuk yang belum tahu saja.

Cara Screenshot di VirtualBox

Saat kelas X, saya membuat artikel tentang Cara Instalasi Ubuntu dengan VirtualBox. Nah, ketika saya mengambil cuplikan gambar, saya menggunakan tombol PrtScr, bukan menggunakan fitur VirtualBox.

"Memang salah pake tombol PrtScr?" Tidak, tombol tersebut memang digunakan untuk mengambil screenshot. Namun, fitur yang diberikan oleh VirtualBox ini sangat simple, selain itu hasilnya sangat rapih.

Ketika menggunakan tombol PrtScr, maka kita harus memotong manual jika ingin mengambil gambar yang ada di VirtualBox saja. Dengan fitur bawaan VirtualBox, maka hasilnya sangat rapih tanpa repot memotong.

Untuk mengambil screenshot VirtualBox, langkahnya sangat mudah. Berikut penjelasannya:

  1. Pertama, kita jalankan terlebih dahulu sistem operasi di VirtualBox.
  2. Setelah masuk VirtualBox, kita bisa langsung mengambil screenshot. Untuk langkah manual, kita bisa pilih menu Tilik > Ambil Cuplikan Layar.
    Cara Screenshot di VirtualBox
  3. Pada gambar di atas terdapat tombol shortcut Host + E. Nah, tombol itulah yang bisa kita gunakan untuk mengambil screenshot VirtualBox dengan cepat. (Tombol Host = Tombol Ctrl sebelah kanan)
    Cara Mengambil Gambar VirtualBox
  4. Setelah itu, Anda tinggal menyimpan gambar di tempat yang diinginkan.

Saya membuat artikel ini karena dulu pernah kebingungan screenshot di VirtualBox. Saya juga tidak tahu apa itu tombol Host. Ternyata, kalau sudah tahu caranya jadi gampang banget.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memudahkan kita dalam mengambil screenshot di VirtualBox.
Buka Komentar
Tutup Komentar

Belum Ada Komentar untuk "Cara Screenshot VirtualBox Gampang Cuma Satu Detik"

KOMENTAR