Urutan Kabel UTP
Kabel UTP merupakan jenis kabel yang digunakan sebagai media penghubung antara komputer dengan peralatan jaringan seperti HUB maupun Switch. Kabel ini merupakan salah satu kabel favorit untuk membuat jaringan komputer.

Kabel UTP termasuk kabel yang memiliki pelindung serta memiliki rangkaian yang saling berpilin antara satu dengan yang lain. Warna kabel tersebut adalah putih orange, orange, putih biru, biru, putih hijau, hijau, putih coklat, coklat.

Susunan Warna Kabel Straight

Biasanya, kabel straight digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda seperti komputer dengan hub atau sebaliknya, serta komputer dengan switch atau sebaliknya. Kabel straight memiliki warna sama pada kedua ujung.

Warna Kabel Straight

Warna ujung 1:

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Warna ujung 2:

Seperti yang saya katakan di atas, kabel straight memiliki warna yang sama pada kedua ujung. Jadi warna pada ujung 2 ini sama dengan warna ujung 1.

Susunan Warna Kabel Crossover

Biasanya, kabel cross digunakan untuk menghubungkan device yang sama seperti komputer dengan komputer, hub dengan hub, ataupun switch dengan switch. Kabel straight memiliki warna berbeda pada kedua ujung.

Warna Kabel Cross

Warna ujung 1:

  1. Putih Orange
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Warna ujung 2:

  1. Putih Hijau
  2. Hijau
  3. Putih Orange
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Orange
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Itulah susunan warna kabel straight dan crossover. Artikel ini merupakan salah satu materi TKJ ketika kelas 1, lebih tepatnya pada materi pengkabelan kabel UTP.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfat untuk kita semua.

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama