Aplikasi Portable
Aplikasi merupakan software penting yang harus ada di komputer. Tanpa aplikasi, komputer ataupun laptop mungkin akan terasa sepi dan kurang maksimal penggunaannya (kecuali komputer server).

Instalasi aplikasi harus dilakukan sebelum menggunakan aplikasi tersebut. Namun, ada juga aplikasi yang bisa dijalankan tanpa harus melakukan instalasi terlebih dahulu, yaitu aplikasi portable.

Apa Itu Aplikasi Portable?

Aplikasi portable merupakan aplikasi yang dapat disimpan di USB flashdisk dan bisa digunakan tanpa harus melakukan proses instalasi terlebih dahulu. Jadi, saat flashdisk dihubungkan ke komputer, aplikasi tersebut bisa langsung digunakan.

Aplikasi portable tentu memiliki kelebihan serta kekurangan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan aplikasi portable. Simak berikut ini.

Kelebihan Aplikasi Portable

Di bawah ini adalah beberapa kelebihan ataupun keuntungan yang didapat ketika kita menggunakan apliaksi portable.

1. Fleksibel

Ya, aplikasi portable memang sangat fleksibel. Kita bisa membawa aplikasi ini kemana saja dengan memanfaatkan penyimpanan seperti USB flashdisk saja. Selain itu, kita juga tidak perlu kelamaan melakukan instalasi karena aplikasi ini bisa langsung digunakan.

Beda lagi dengan aplikasi biasa yang harus melakukan instalasi terlebih dahulu ketika ingin menggunakan. Dan tentunya hal itu akan memakan waktu yang tidak sebentar.

2. Ukuran Kecil

Jika dibandingkan dengan aplikasi pada umumnya, aplikasi portable memang memiliki ukuran yang lebih kecil. Hal ini merupakan salah satu kelebihan yang memudahkan Anda pengguna flashdisk.

Coba saja Anda bandingkan aplikasi Adobe Photoshop biasa dengan versi portablenya, pasti perbandingan ukurannya lumayan jauh, bahkan bisa 2x lipatnya.

3. Mudah Disalin

Dengan fleksibilitas yang dimiliki aplikasi portable, tentu saja aplikasi ini mudah disalin baik ke flashdisk lain maupun ke komputer. Tapi hati-hati ya, jangan salin ke komputer yang terkena virus, nanti bisa menyebar.

Oh ya, Anda tidak harus menyimpan aplikasi portable di Local Disk C. Anda bisa menyimpan aplikasi ini di partisi mana saja sesuai keinginan Anda.

Kekurangan Aplikasi Portable

Setelah mengetahui kelebihan aplikasi portable di atas, di bawah ini akan saya paparkan beberapa kekurangan yang dimiliki aplikasi portable.

1. Fitur Tidak Lengkap

Jika dibandingkan dengan aplikasi pada umumnya, aplikasi portable akan kalah fitur. Dilihat dari ukurannya saja sudah jelas kalau fitur yang ada pada aplikasi ini tidak lengkap.

Kalau saja aplikasi portable diberi fitur yang lengkap, tidak mungkin ukurannya lebih kecil daripada aplikasi pada umumnya, mungkin akan sama dengan aplikasi full version.

2. Tidak Semua Bisa Dijalankan

Aplikasi portable tidak selalu support dengan semua perangkat. Terkadang, aplikasi ini tidak bisa dijalankan sebagaimana mestinya, misal error saat dibuka ataupun error yang lainnya.

Namun, jika Anda mengalami error saat menjalankan aplikasi portable. Anda bisa memindahkan terlebih dahulu aplikasi tersebut pada komputer. Karena terkadang, error disebabkan karena aplikasi langsung dijalankan dari flashdisk.

Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama