Pengertian dan Fungsi CPU
CPU atau Central Processing Unit atau bisa juga disebut processor adalah otak dari sebuah komputer. CPU memiliki tugas menerima dan melaksanakan perintah data dari perangkat lunak.

Karena CPU adalah otak dari komputer, tentu keberadaannya sangatlah penting. Bayangkan saja kalau sebuah tubuh tanpa ada otaknya, apa yang akan terjadi? Mungkin organ yang lain tidak akan bekerja.

Apa Sih Fungsi CPU?

Fungsi utama CPU sama seperti kalkulator, namun lebih kuat yaitu melakukan operasi aritmatika serta logika pada data yang diambil dari memori ataupun informasi yang diberikan melalui beberapa perangkat keras.

CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat tersebut bisa dijalankan CPU dengan membacanya melalui media penyimpanan RAM.

Perintah tersebut akan disimpan terlebih dahulu pada RAM, yang mana setiap perintah akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Kemudian CPU dapat mengakses data dari RAM dengan menentukan alamat yang dikehendaki.

Bagaimana, bingung ya? Sama dong, hehe. Artikel ini saya tulis sekadar untuk media belajar pribadi kok. Agar saat sudah lulus nanti bisa baca-baca lagi materi yang pernah dibahas ketika sekolah.

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama