Cara Agar Laptop Tidak Terkena Virus
Virus bukan hanya menyerang kesehatan manusia saja, melainkan bisa menyerang perangkat laptop ataupun komputer juga. Dampaknya akan sama, kesehatan akan terganggu karena serangan virus tersebut.

Dewasa ini, perkembangan teknologi semakin pesat, termasuk komputer dan laptop. Namun di sisi lain, perkembangan virus juga semakin meningkat juga. Semakin banyak varian virus yang dapat membahayakan perangkat kita.

Oleh karena itu, kita harus dapat mencegah agar virus tersebut tidak menyerang perangkat kesayangan kita. Kalau sudah diserang kan repot, belum lagi kalau ada data penting yang hilang dihapus virus.

Cara Mencegah Virus Laptop

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah agar laptop tidak terkena virus. Namun, paling tidak kita melakukan langkah dasar yang mudah dilakukan terlebih dahulu. Berikut diantaranya:

1. Install Anti Virus

Anti virus bisa dikatakan sebuah perlindungan dasar agar virus tidak langsung menyerang perangkat kita. Meskipun perlindungannya tidak benar-benar 100%, paling tidak kita sudah melakukan pencegahan dasar.

Ada banyak antivirus yang bisa digunakan, baik yang gratisan sampai yang berbayar. Untuk yang gratis, Anda bisa menggunakan Smadav ataupun antivirus lainnya. Kalau mau performa yang lebih, Anda bisa menggunakan yang bersi yang berbayar.

2. Gunakan Deep Freeze

Deep Freeze merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membekukan hardisk. Mudahnya, disk yang difreeze tidak akan bisa diubah-ubah isinya. Sebagai contoh, Anda melakukan freeze pada data C, maka disk didalamnya tidak bisa ditambah atau dihapus.

Aplikasi ini sangat bagus untuk mencegah masuknya virus. Bahkan, sebagian besar warnet sudah menggunakan deep freeze untuk mengantisipasi masuknya virus di komputer mereka. Namun sayang, aplikasi ini tidak gratis, tapi kita bisa menikmatinya selama 30 hari secara gratis.

Di internet memang banyak yang menyebarkan aplikasi deep freeze full version secara gratis. Namun, lisensi aplikasi tersebut bukanlah lisensi resmi, melainkan lisensi yang ilegal. Namun terserah, itu hak Anda untuk menggunakannya atau tidak.

3. Hati-hati Saat Install Aplikasi

Seperti yang kita tahu, aplikasi di internet itu sumbernya bermacam-macam. Jadi, kita patut berhati-hati ketika mengunduh dan menginstallnya di laptop maupun komputer kita. Karena kita juga tidak tahu apakah aplikasi tersebut berbahaya atau tidak.

Untuk mengantasipasi masuknya virus dari aplikasi, sebaiknya Anda mengunduh aplikasi dari situs yang terpercaya saja. Kalau perlu, unduh dari website resmi pengembang aplikasi tersebut, dijamin aman deh.

4. Waspada dengan Penyimpanan Eksternal

Penyimpanan eksternal itu ada bermacam-macam, misalnya flashdisk, micro SD, ataupun hardisk eksternal. Anda patut waspada dengan penyimpanan tersebut, karena boleh jadi penyimpanan yang akan dipasang di laptop ada virusnya.

Walaupun kasus ini jarang terjadi, tapi Anda harus tetap waspada. Sebab penyimpanan yang awalnya normal tidak selalu normal. Virus juga bisa menyusup saat penyimpanan tersebut dipasang pada perangkat lain.

Itulah beberapa tips agar laptop dan komputer tidak mudah terkena virus. Sebenarnya ada banyak langkah yang bisa dilakukan, cara di atas hanya sebatas dasar saja.

Post a Comment

KOMENTAR

Lebih baru Lebih lama